Senin, 05 Juli 2010

PERAN MAHASISWA DI INDONESIA

MAHASISWA SEBAGAI AGENT OF CHANGE

Mahasiswa merupakan suatu kebanggaan tersendiri tapi juga merupakan tantangan yang harus di hadapi setiap mahasiswa dan mahasiswa bukan hanya belajar di perguruan tinggi melainkan sebagai agen perubahan untuk menjawab tantangan zaman yang saat sekarang ini mahasiswa di butuhkan solusi-solusi untuk menghadapi bangsa ini.
ketika kita analisis di dalam kehidupan masyarakat kita lebih-lebih masyarakat awam, mahasiswa merupakan harapan bangsa yang di tunggu-tunggu para kaum tua. maka dengan seperti ini sebagai mahasiswa setidaknya melihatkan serta menunjukkan kepada masyarakat luas didalam semua apa yang kita lakukan .
kita sebagai mahasiswa di tunggu -tunggu oleh para stek holder setidaknya kita mempunyai peran di dalam masyarakat , dalam hal ini menurut pendapat saya ada 3 :
1. peranan moral ; didalam dunia kampus mahasiswa sangat beraneka ragam yang dengan bebas memilih kehidupan mau kemana da arahnya seperti apa lah dalam hal ini mahasiswa di tuntut peranan moral pribadinya di bentuk, di warnai, di aplikasikan kalu tidak sesuai dengan harapan bangsa serta tanggung jawab moral yang harus di junjung tinggi di dalam masyarakat karena di negeri ini di butuhkan orang yang bermoral yang bisa menunjukkan pribadinya yang sesuai di harapkan bangsa dan negara ini.
2. peran sosial ; jadi di dalam peran sosial ini mahasiswa bukan individu yang bisa hidup sendiri dalam keberadaannya dan perannannya bukan untuk dirinya sendiri tetapi harus bisa bermanfaat bagi orang banyak serta bermanfaat bagi bangsa dan negara.
3. peranan intelektual : kalau kita ketahui mahasiswa adalah sebagai insan akademis pencipta pengabdi sesuai dengan tri dharma perguruan tinggi yang mana mahasiswa kita semua bisa mewujudkan status tersebut karena mahasiswa selalu bergelut di dunia keilmuan yang mana bisa mencetuskan serta mewujudkan ide,gagasan baru yang bisa membangun peradaban dengan segi keilmuan yang mana di dasari dengan ilmu iman dan taqwa ...

bangsa ini tidak akan mempunyai harapan apa bila para pemudanya atau mahasiswa hanya pandai berbicara tanpa ada implementasi dari perbuatannya .karena segala janji dan ikrar takkan pernah berarti apa-apa tanpa diiringi dengan tindakan nyata , oleh karena itu mahasiswa harus bersinergis ,berfikir kritis dan bertindak konkrit untuk secara bersama-sama menjadi pelopor dalam pembaharuan kehidupan bangsa.
oleh karena itu sebgai mahasiswa harus mempersiapkan diri dari segi moral ,peranan di masarakat serta mengimplementasikan ilmunya kejalan yang di ridhoi allah . inilah yang diharapkan generasi muda mahasiswa yang harus sesuai dengan riil -rill yang harus di bekali pada diri setiap manusia lebih-lebih pemuda yang merupakan agen perubahan bangsa
sebuah negara akan maju apabila pemudanya turut peran dan memplopori dengan nilai-nilai kaidah agama .

Hidup mahasiswa
Negara menunggu peran sertamu 10 tahun yang akan datang

YAKIN USAHA SAMPAI




Semarang, 6 juli 2010


KHOTIBUL UMAM
SEKJEN SEMA-PT UNISSULA
FAKULTAS HUKUM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar